Ada yang berbeda dengan squad Manchester United yang akan menghadapi musim 2012-13 ini. Seiring dengan hengkangnya beberapa pemain seperti Michael Owen, Tomas Kuszczak, Paul Pogba, Fabio Da Silva serta yang terbaru Park Ji sung. Mr Fergie sampai saat ini beliau begitu gencar mencari pemain pengganti, beliau sudah mendapatkan tiga pemain muda berbakat, yaitu Nick Powell, Shinji Kagawa serta yang terbaru Angelo Henriquez. Diantara ketiganya, mencuat satu nama yaitu pemain Jepang pertama yang berbaju setan merah. Yap!! dialah Shinji Kagawa.

(Shinji Kagawa ketika diperkenalkan ke publik oleh Sir Alex Ferguson)

Bagi yang mengikuti liga Jerman pasti sudah sangat mengenal gelandang serang Borussia Dortmund satu ini. Perannya sangat vital dalam membangun serangan. Pelatih Jurgen Klopp bahkan sempat tak rela jika pemain ini dijual, namun setelah disadarinya, dia merelakannya demi perkembangan si pemain itu sendiri apalagi dia pindah ke klub sebesar Manchester United. Borussia Dortmund sendiri segera menutup posisi kosong yang di tinggal Kagawa dengan pemain muda berbakat lainnya Marco Reus dari Borussia Moenchenlachbach.

Nama Shinji Kagawa bukanlah pemain sembarangan, dia berperan besar dalam meraih trofi Bundesliga dua kali berturut-turut. Bersama beberapa pemain hebat lainnya seperti Mario Gotze, Lucas Barios, Mats Hummels, serta Robert Lewandowski, Kagawa mampu menaklukkan dominasi Bayern Muenchen di Liga Jerman bersama Borussia Dortmund.

(Shinji Kagawa bersama punggawa-punggawa Dortmund lainnya ketika merayakan gelar Bundesliga 2012)

Shinji Kagawa (Lahir di Kobe, Jepang pada 17 Maret 1989) adalah pemain sepak bola Jepang yang memulai karir profesionalnya di tanah airnya dengan Cerezo Osaka sebelum bergabung dengan klub Jerman Borussia Dortmund. namun sebenarnya karir Kagawa dimulai ketika dia berumur lima tahun disekolahkan di Marino Football Club selama lima tahun. setelah itu di Kobe NK Football Club selama dua tahun dan FC Miyagi Barcelona selama empat tahun. Melihat permainannya yang menonjol dibanding pemain lainnya, Kagawa diminati oleh Cerezo Osaka yang kemudian segera mengontraknya ketika dia baru berumur 17 tahun. Kejadian ini baru pertama kali terjadi dalam sejarah sepakbola Jepang dimana ada pemain di kontrak oleh klub sebelum lulus SMA. Umumnya pemain muda di promosikan dari tim muda dari sebuah klub namun Kagawa di kontrak dari klub lain yang tak ada hubungan apapun dengan klub yang membelinya.

(Shinji Kagawa ketika berkostum Cerezo Osaka)

Pada tahun 2007 dia berhasil menjadi pemain reguler di klub tersebut, namun sayangnya Cerezo Osaka gagal promosi ke Divisi 1 J League. Tidak banyak berita yang di rangkum ketika Kagawa bermain di klub tersebut. Pada pertengahan tahun 201o, Sport Agency setempat mengenalkan Kagawa kepada Mantan Pemain Nasional Jerman Thomas Kroth yang kemudian berperan dalam kepindahan Kagawa ke Dortmund.

Pada musim panas 2010, Kagawa ditransfer dari Cerezo ke Borussia Dortmund dengan kontrak senilai € 350.000. Biaya transfer yang murah, hal ini dikarenakan klausul yang dirilis dalam kontrak Kagawa dengan Cerezo, yang memungkinkan dia untuk meninggalkan klub dengan harga murah jika ia memiliki kesempatan untuk bermain di Eropa.

Pada tanggal 23 Agustus 2010, ia membuat penampilan debutnya di Bundesliga bersama Borussia Dortmund. Setelah mencetak dua gol awalnya untuk klub kompetitif di Liga Eropa UEFA kualifikasi pertandingan melawan Qarabağ, Kagawa melanjutkan aksinya dengan mencetak gol pertamanya pada pertandingan Bundesliga melawan Wolfsburg, yang dimenangkan oleh Dortmund 2-0. Kemudian pada pertandingan melawan Schalke 04, yang dimenangkan oleh Dortmund 3-1, Kagawa mengatakan sebelum pertandingan bahwa ia akan mencetak dua gol, ia membuktikannya dengan mencetak dua gol, hal ini yang membuatnya salah satu favorit para fans Dortmund.

(Shinji Kagawa di musim pertamanya bersama Borussia Dortmund)

Kagawa hanya bermain setengah musim di musim pertamanya, hal ini karena dia menderita cidera parah akibat bermain untuk negaranya di partai persahabatan. Namun dengan jumlah penampilan 18 serta mencetak 8 gol untuk klub yang baru membelinya bukanlah hal yang mengecewakan, hal ini sangat membantu Borussia Dortmund meraih trofi Bundesliga serta juga menempatkannya di Bundesliga XI Best Eleven 2011.

Pada musim 2011-12, Kagawa kembali merumput bersama Dortmund, di musim ini menjadi musim pembuktiannya. Posisi nya semakin tak tergantikan di starting eleven Borussia Dortmund, Torehan 31 penampilan dengan 13  gol cukup untuk menancapkan namanya sebagai salah satu pilar utama Dortmund dalam mempertahankan gelar Bundesliga. Prestasinya kembali mengkilap setelah menjadi otak serangan ketika menghancurkan Bayern Muenchen 5-2 di kancah final DFB Pokal 2012. Kagawa sendiri mencetak 2 gol di pertandingan tersebut.

(Shinji Kagawa bersama Ilkay Gundogan ketika merayakan kemenangan atas Bayern Muenchen di Final DFB Pokal 2012)

Tanpa banyak yang tahu, saat pertandingan final DFB Pokal 2012 tersebut diantara ribuan orang yang menyaksikan langsung pertandingan tersebut, ada sosok pak tua beruban sedang fokus menyaksikan pertandingan dengan mengunyah permen karet kesukaannya.. tak lain dialah Sir Alex Ferguson. Beliau sudah lama mengincar pemain ini dan setelah menyaksikannya secara langsung maka Sir Alex tak ragu lagi untuk memboyongnya ke Old Trafford.

Manchester secara resmi menyatakan berminat mengontrak pemain ini, namun tak hanya Manchester United saja yang berminat, ada beberapa klub besar lainnya yang juga meminatinya. Mendengar hal ini Borussia Dormunt segera membicarakan kontrak baru dengan Kagawa, namun nampaknya tawaran Manchester United cukup menggiurkan bagi dirinya. Akhirnya Kagawa pun resmi berkostum Manchester United untuk musim 2012-13 setelah menandatangani kontrak yang katanya senilai 12 juta Poundsterling.

(Shinji Kagawa dan Nick Powell ketika diperkenalkan ke publik oleh Sir Alex)

Shinji Kagawa menggunakan kostum 26 peninggalan Gabriel Obertan. Namun ada hal unik dalam memilih nomor kostum, banyak pihak termasuk Sir Alex meminta Kagawa menggunakan nomor 7 peninggalan Owen yang dilepas oleh klub secara free transfer. Namun Kagawa merasa belum pantas menggunakan nomor itu, akhirnya nomor 7 diberikan kepada Antonio Valencia dan Kagawa pun senang mendapat nomor 26.

(Kiprah Shinji Kagawa di Timnas Jepang belum terlihat karena turnamen akbar belum ada, kita tunggu aksinya di Piala Asia serta Piala Dunia)

Kita tunggu kiprah Kagawa bersama Red Devils, go go Shinji !!!! ^_^

Writed by Regarz

About regarcantona

Saya hanya seorang pecinta sepakbola... Cita-cita saya dulunya menjadi pemain profesional, namun kendala dari segi stamina dan skill yang tidak berkembang, saya memutuskan untuk berhenti mengejar cita-cita itu. Namun bukan berarti saya meninggalkan hobby saya ini begitu saja. Sampai sekarang saya masih sering bermain meski hanya sebatas olahraga ringan saja.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s