Inter Milan akhirnya berhasil mengalahkan Tottenham. Setelah sebelumnya sempat memimpin 3-0, Inter kesulitan mengembangkan permainan hingga akhirnya menang dengan skor 4-3. Walaupun Inter yang menang, namun hampir seluruh mata tertuju kepada sesosok pemain yang bukan berposisi sebagai striker namun bek, lebih tepatnya bek kiri Tottenham Hotspur, umurnya masih muda, namun dimalam itu dia mampu mencetak hattrick. Rafa Benitez sendiri mengakui kehebatan pemain itu. Siapa gerangan pemain tersebut? Yaph, dialah putra asli Wales, penerus Ryan Giggs, Gareth Bale.

Bale

(Aksi Gareth Bale ketika membela Spurs melawan Inter Milan)

Gareth Frank Bale lahir pada 16 Juli 1989, di Cardiff, Wales. Merupakan anak terkecil dari dua bersaudara. Bale merupakan keponakan dari legenda hidup Cardiff City, Chris Pike. Bale pertama sekali mengenal sepakbola ketika berumur sembilan tahun. Saat itu Bale masuk akademi sepakbola Southampton. Ketika disekolahkan di akademi ini, Bale menunjukkan bakatnya melebihi rekan-rekannya yang lain. Pada umurnya yang baru menginjak 16 tahun, Bale menjadi pemain termuda kedua Southampton (Setelah Theo Walcott) yang menjalani debut liga ketika berhadapan dengan Milwall di liga Championship, saat itu The Soton bermain di divisi kedua liga Inggris ini. Bale pertama kali mencetak gol ketika berhadapan dengan Derby County. Di partai ini Bale mencetak gol Free Kick yang indah. Partai ini berkesudahan 1-1. Setelah pertandingan itu, Bale sering dimainkan secara reguler. Namanya sering dibicarakan karena hampir keseluruh golnya dicetak melalui bola mati.

Bale

(Foto ketika Bale masih berumur 14 tahun)

Pada bulan Desember 2006, Bale mendapat penghargaan Carwyn James Award for the BBC Wales Young Sports Personality of the Year. Kemudian pada 4 Maret 2007, Bale dianugerahkan Football League Young Player of the Year. Di akhir musim, Bale mencatat jumlah penampilan 45 main/5 gol.

Bale

(Bale, ketika masih berkostum Southampton)

Pada akhir musim 2007, banyak klub yang mulai pasang harga untuk menarik pemain ini. Bale ternyata lebih memilih Tottenham Hotspur sebagai tempat pelabuhan berikutnya. Bak gayung bersambut, The Spurs pun langsung tawar harga, dan terhenti di harga 5 juta poundsterling. Pada tanggal 25 Mei 2007, Gareth Bale resmi berbaju The Spurs.

Bale

(Bale ketika diperkenalkan kepada fans The Spurs)

Pertandingan pertamanya berbaju The Spurs adalah ketika melawan St.Patrick Athletics di partai persahabatan pada 12 Juli 2007. Kemudian partai resmi dijalaninya ketika melawan Manchester United pada 26 Agustus 2007. Satu pekan kemudian dia mencetak gol debutnya ketika melawan Fulham. Kemudian secara teratur Bale mulai dipercaya tampil starter. Namun ada hal unik pada musim pertamanya di Tottenham yaitu 24 pertandingan liga yang dijalaninya tak ada satupun yang berakhir kemenangan. Baru pada 26 September 2009, Bale sukses membawa kemenangan The spurs ketika melawan Burnley tepatnya dua tahun setelah Bale dikontrak The Spurs.

Bale

(Bale berlahan tapi pasti menjadi andalan The Spurs)

Pada musim ini, nama Bale kian melejit, terhitung sudah 5 gol dicetaknya sekaligus belum pernah absen membela Tottenham hingga pekan ke-14. Mereka berhasil menjungkalkan Arsenal 3-2 di kandang lawan. Gareth Bale menyumbangkan satu gol diantaranya. Hingga saat ini Bale sudah mencatatkan 61 penampilan dengan mencetak 10 gol untuk The Spurs.

Bale

(Bale sudah menjadi salah satu pilar dan juga lumbung gol The Spurs)

Gareth Bale pertama sekali dipanggil timnas Wales ketika akhir musim 2005/06. Saat itu Bale masih berumur 16 tahun dan masih berbaju Southampton. Debutnya bersama timnas terjadi pada 27 Mei 2006 ketika mengalahkan Trinidad & Tobago 2-1. Saat itu Bale tercatat sebagai pemain timnas termuda Wales. Banyak kritikus mengatakan bahwa permainan Bale sangat mirip dengan legenda Wales, Ryan Giggs. Hingga saat ini total sudah 27 kali Bale bermain bersama timnas Wales serta mencetak 3 gol. Sebenarnya Bale bisa bermain untuk timnas Inggris, hal ini dikarenakan neneknya adalah orang Inggris asli. namun pernyataannya yang mengatakan;

“Sangat membanggakan bermain bersama timnas Wales, Tak ada satu orang Inggris pun yang berpengaruh pada saya, hal itu terjadi hanya kepada Agen saya saja!

Dari pernyataannya tersebut, jelas tergambar bahwa Bale mengaku bangga sebagai orang Wales meskipun kesempatan bermain di Piala Dunia yang diimpikannya sangat sulit buat direalisasikan.

Bale

(Gareth Bale ketika diwawancara pers Britania Raya soal status kenegaraannya)

Bale

(Bale saat membela timnas Wales, sedang diarahkan oleh pelatih Wales, Flynn)

About regarcantona

Saya hanya seorang pecinta sepakbola... Cita-cita saya dulunya menjadi pemain profesional, namun kendala dari segi stamina dan skill yang tidak berkembang, saya memutuskan untuk berhenti mengejar cita-cita itu. Namun bukan berarti saya meninggalkan hobby saya ini begitu saja. Sampai sekarang saya masih sering bermain meski hanya sebatas olahraga ringan saja.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s