Well, mungkin ada beberapa diantara teman-teman yang belum mengenal pemain ini. Hal ini dapat dimaklumi, karena pemain ini kurang begitu disorot layaknya “CR7”. Tapi bagi yang sudah mengenalnya khususnya bagi fans klub Palermo, pasti bakal tahu kehebatan pria yang baru saja mencetak hattrick pertama sekaligus membawa timnya Palermo, menang 3-1 melawan Catania (14/11). Pemain ini merupakan kunci permainan dari Palermo musim ini. Tidak hanya mencetak gol, umpan-umpan mautnya sering memanjakan striker Palermo untuk menceploskan bola ke gawang lawan. Pastore merupakan salah satu Playmaker yang akan terus bersinar seiring usianya yang masih sangat muda.

Pastore

(Selebrasi Pastore setelah mencetak hattrick ke gawang Catania)

Javier Matías Pastore lahir pada 20 Juni 1989. Patore biasa dipanggil “El Flaco” atau juga “Huesto”. Pastore pertama sekali memulai karier sepakbola di akademi sepakbola Talleres. Klub ini sampai sekarang tetap diakui Pastore sebagai klub idolanya. Awalnya tidak ada yang menyangka kalau Pastore bakal menjadi bintang. Hal ini terlihat dari lambatnya perkembangan Pastore di klub tersebut. Pada tahun 2007, Pastore melakukan debut liga profesionalnya di liga kelas dua Argentina. Di klub ini Pastore hanya bermain sebanyak lima kali di liga.

javier

(Javier Pastore <kanan> saat bermain di Talleres)

Pada musim 2008, Huracan, selaku klub divisi utama liga Argentina tertarik mencoba memakai jasa anak muda ini. Huracan secara resmi meminjam Pastore dari Tallares. Di klub ini bakat Pastore mulai terlihat. Pastore berkembang pesat menjadi pemain yang diandalkan klub dengan total penampilan 31main/8 gol. Bersama Sebastian Blanco dan Mattias De Federico, Pastore menjelma menjadi salah satu elemen penting kesuksesan Huracan menjuarai Liga Clausura 2009. Setelah musim berakhir, Pastore kembali ke klub lamanya Talleres.

pastore

(Salah satu aksi Pastore<biru> ketika melawan raksasa Argentina, River Plate)

Pada 11 Juli 2009, salah satu klub Serie A, Palermo, tertarik memboyong Pastore dari Talleres setelah melihat penampilannya yang gemilang bersama Huracan. Tanpa ragu, Maurizio Zamparini, selaku presiden klub Palermo langsung mengontrak pemain yang beroperasi di sektor penyerang lubang ini hingga 2014. Transfer ini bukan tak ada alasan, mengingat jumlah klub yang tertarik, seperti Manchester United, FC.Porto, AC.Milan dan Chelsea, Palermo tak perlu memikir dua kali untuk mengontrak pemain seharga 8 juta USD ini.

Pastore

(Javier Pastore ketika diperkenalkan ke publik Italia)

Debutnya bersama Palermo yaitu saat Coppa Italia pada 15 Agustus, melawan Juventus. Delapan hari kemudian Pastore memulai debut Serie A. Pastore menjadi sorotan media, setelah memberikan assist kepada Edinson Cavani yang menutup pertandingan dengan kemenangan Palermo 2-0. Pada tanggal 30 Januari 2010, Pastore mencetak gol debutnya bersama Palermo ketika melawan Bari. Bersama Cavani dan Miccoli, Pastore sukses mengantarkan Palermo menduduki peringkat lima di akhir Liga, yang berarti jatah Piala Uefa musim depan sudah pasti ditangan.

Pastore

(Pastore ketika menjalani Laga debutnya di Serie A melawan Juventus <23/8>)

Awalnya tak ada yang menyangka karier Pastore di Palermo secemerlang ini, Pastore dianggap salah satu pembelian tersukses Palermo saat ini, juga salah satu yang paling menjanjikan di masa depan. Melihat penampilannya tersebut, Diego Armando Maradona yang ketika itu menjadi Pelatih tim nasional Argentina, tertarik membawa Pastore ke timnas. Untuk pertama kalinya membela timnas, Pastore dimasukkan ketika Argentina melakukan partai persahabatan melawan Catalan pada 22 Desemberr 2009. Kemudian Pastore juga dipanggil ketika Argentina melakukan pemanasan sebelum Piala Dunia melawan Jerman. Pastore akhirnya dibawa ke Afrika Selatan. Meskipun hanya tampil sebagai pemain pengganti, hal ini sudah cukup membanggakan bagi Pastore.

Pastore

(Ketika melawan Xavi Hernandez di dalam laga persahabatan melawan Catalan<22/11)

Pastore-Calcido

(Bertarung memperebutkan bola melawan Salcido<Meksiko> di Piala Dunia 2010)

Di musim ini, Palermo semakin menunjukkan tajinya sebagai salah satu pemain muda yang menjanjikan. Terhitung sudah 7 gol dicetaknya musim ini. Saat ini, Pastore hangat dihubungkan dengan klub-klub raksasa dunia. Seperti, AC.Milan, Chelsea, Barcelona, Real Madrid, dan yang terbaru Juventus. Palermo digadang-gadang bakal mengganti peran Alessandro Del Piero di Juventus. Berhubung Alex sudah tidak muda lagi dan mulai memikirkan untuk pensiun.

Pastore

(Ketika beradu skill melawan Gianluca Zambrotta<AC.Milan>)

About regarcantona

Saya hanya seorang pecinta sepakbola... Cita-cita saya dulunya menjadi pemain profesional, namun kendala dari segi stamina dan skill yang tidak berkembang, saya memutuskan untuk berhenti mengejar cita-cita itu. Namun bukan berarti saya meninggalkan hobby saya ini begitu saja. Sampai sekarang saya masih sering bermain meski hanya sebatas olahraga ringan saja.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s