“Alan shearer kembali bermain!!, tubuhnya semakin tinggi, rambutnya panjang, permainannya seperti dia muda dulu!!”. Tapi tunggu dulu, coba lihat nama punggungnya, di punggungnya tertera nama “Carrol”, alamak!!!, ternyata Newcatle punya penerus Legenda “Toon Army” tersebut!”. Ungkapan berikut menggambarkan bagaimana kehebatan anak muda yang bermain untuk Newcastle United ini. Umurnya baru  21 tahun, tapi sudah dipercaya sebagai starter dan yang lebih hebat lagi, dia dipercaya memakai nomor kostum legenda Newcastle sebelumnya, Alan Shearer. Tak perlu pikir panjang lagi, semua orang di Inggris maupun di dunia membicarakannya, yaph, namanya Andy Carrol!.

 

Carrol(Andy Carrol; The next “9” legend)

Andrew Thomas “Andy” Carroll lahir pada 6 Januari 1989 di Gateshead, Inggris. Carrol memulai karier sepakbolanya di klub Newcastle United pada tahun 2005. Carrol terkenal sebagai pencetak gol terbanyak untuk squad Newcastle Reverse Team. Pada tahun 2006, Carrol memulai debut pertamanya untuk team utama Newcastle di Piala Uefa saat menjamu Palermo, saat itu umurnya baru 17 tahun. Kemudian pada Januari 2007, Carrol melakukan debutnya di Piala FA ketika menjamu Birmingham City. Carrol melakukan debut Liga Premier ketika melawan Wigan Ath pada 25 Februari 2007. Carrol mencetak gol pertamanya di team utama saat eksebisi melawan Juventus. Di akhir laga, Buffon, kiper utama Juventus memujinya dan menjamin Carrol sebagai pemain yang akan menjanjikan kedepannya.

carrol

Pada 14 Agustus 2007, Carrol dipinjamkan Newcastle ke Preston North End. Newcastle sengaja meminjamkan pemain ini untuk menambah pengalamannya, namun kurang berhasil. Terhitung dari total penampilannya hanya 11 kali/1 gol di klub tersebut. Akhirnya Carrol kembali ke Newcastle pada januari 2008.

CarrolCarrol

(Carrol ketika bermain bersama Preston North End)

Kepulangan Carrol ini sangat menguntungkan bagi diri Carrol sendiri. Disini Carrol terhitung beruntung, karena di akhir musim, Striker-striker utama Newcastle seperti; Mikhael Owen, Mark Viduka dan Obafemi Martins, hengkang dari klub ini karena Newcastle United terdegradasi ke divisi Championship. Carrol didaulat sebagai striker utama Toon Army bersama Peter Løvenkrands. Duet ini mencetak hampir setengah total gol Newcastle di musim tersebut. Di akhir kompetisi, Carrol menjadi pencetak gol terbanyak Newcastle yaitu 19 gol disemua kompetisi, 17 diantaranya dicetak di liga.

Carrol

(Aksi Carrol ketika membela Newcastle di liga Championship)

Newcastle dibawanya kembali promosi ke Liga Premier di tahun ini. Di musim ini juga Carrol diberi nomor kostum 9 Toon Army. Dengan nomor kostum yang baru ini, Carrol semakin ganas. Salah satu partai yang membuat nama Carrol melambung adalah ketika mencetak hattrick ke gawang Aston Villa. Carrol juga mencetak gol tunggal ketika Newcastle mengalahkan Arsenal 1-0. Di partai tersebut, Arsene Wenger; Manajer Arsenal mengakui kehebatan Carrol. Terhitung sudah 7 gol dicetak Carrol di liga Premier hingga saat ini.

carrol

(Aksi Carrol ketika mencetak hattrick ke gawang Aston Villa)

Melihat penampilannya yang berkembang pesat ini, Don Fabio, selaku pelatih tim nasional Inggris memanggil striker ini untuk menjalani partai debut melawan Prancis. Di partai ini, Carrol bermain dari menit awal, meskipun kalah dan tidak sempat mencetak gol, partai tersebut memberi arti yang mendalam bagi Carrol. Saat ini, sudah banyak klub-klub besar yang tertarik memboyong pemain yang baru saja meneken kontrak dengan Newcastle selama lima tahun tersebut.

Carrol

(Selebrasi Carrol ketika mencetak gol ke gawang Belanda di timnas Inggris U23)

Carrol

(Carrol saat berlatih bersama timnas Inggris sebelum menghadapi Prancis)

About regarcantona

Saya hanya seorang pecinta sepakbola... Cita-cita saya dulunya menjadi pemain profesional, namun kendala dari segi stamina dan skill yang tidak berkembang, saya memutuskan untuk berhenti mengejar cita-cita itu. Namun bukan berarti saya meninggalkan hobby saya ini begitu saja. Sampai sekarang saya masih sering bermain meski hanya sebatas olahraga ringan saja.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s