Francesco Totti dilahirkan pada 27 September 1976 di Roma, Italia. Totti lahir dan besar di keluarga yang fanatik dengan AS Roma. Pemain yang mengidolakan Giuseppe Gianni ini dulunya sempat ditawari di sekolahkan oleh AC Milan, namun sang Ibu menolaknya dengan alasan AC Milan tak jauh lebih bagus dari AS Roma. Totti pertama sekali bergabung dengan AS Roma Youth Team pada tahun 1989.

Tot

Setelah tiga tahun berlatih dengan AS Roma Youth Team, Totti dipromosikan ke tim uatama dan melakukan debut liga pertama sekali saat umurnya baru 16 tahun. Pelatih saat itu, Vujadin Boskov, tertarik dengan bakatnya di tim muda Roma tersebut. Selama tiga tahun Totti sering menghiasi bangku cadangan, baru pada 1995, Totti sering dimainkan mulai dari menit awal, dalam kata lain menjadi pemain utama klub. Pada tahun 1997, Totti didaulat menjadi Kapten AS Roma, pelatih saat itu, Zdenek Zeman, memasangnya sebagai Sayap Kiri. Dengan posisi-nya itu, Totti berhasil mencetak 30 gol dalam 2 musim, hingga akhirnya dia dinobatkan sebagai “Pemain Muda Italia Terbaik” pada musim 1998-99, namun Totti urung di panggil timnas Italia saat itu untuk bermain di Piala Dunia 1998 di Prancis.

12

Pada awal musim 2000/01, Fabio Capello menjadi Pelatih AS Roma, Capello memasang Totti sebagai Trequartista, Dengan posisi barunya ini, Totti berhasil menyarangkan 13 gol di musim tersebut. Di musim ini juga AS Roma berhasil merebut Scudetto dan Coppa Italia. Totti juga dinobatkan sebagai Italian Football of the Year pada tahun 2000 dan 2001. Totti juga masuk nominasi Ballon d’Or pada tahun 2000. Puncak ketajaman Totti terjadi pada musim 2003/04 dimana dia berhasil menyarangkan 20 gol, sehingga menjadikannya Top Skor Liga pada musim itu juga. Ketika Capello pindah ke Juventus pada tahun 2004, Ketajaman Totti ternyata belum luntur, di musim itu dia masih mampu mencetak 15 gol. Dan pada tanggal 3 oktober 2004, Totti berhasil mencetak golnya yang ke-100 di partai melawan Internazionalle. Dua bulan kemudian Totti terdaftar sebagai pencetak gol terbanyak AS Roma dengan 107 golnya di liga. Hingga saat ini, Totti telah menyarangkan 200 gol bagi klubnya. Dan kemungkinan akan bertambah di musim ini.

Tottie11

Totti di panggil timnas Italia pertama sekali saat Italia berlaga di Piala Eropa tahun 2000 di Belanda-Belgia. Di Turnamen ini, Totti menunjukkan kelasnya, dia berhasil mencetak 2 gol di Turnamen empat tahunan ini. Totti berhasil membawa Italia ke Final yang akhirnya kalah di tangan Prancis lewat perpanjangan waktu. Sejak saat itu Totti menjadi langganan tetap Timnas hingga mejuarai Piala Dunia 2006 di Jerman. Saat ini Totti sudah mengumumkan pensiun dari Timnas.

Totti

To

Ada hal yang menarik dari Francesco Totti, kapten Roma ini terkenal karena dikatakan sebagai kesayangan wasit. Hal ini dikarenakan setiap Totti di tekel ataupun di sikut, Wasit Italia biasanya langsung memberi lawan hadiah kartu kuning. Totti sering dipandang sebagai pemain jago diving oleh lawan-lawannya. Dalam menanggapi komentar tersebut, Totti hanya tersenyum dan dengan santai mengatakan ; “terserah mereka mau berkata apa, bagi saya, yang saya lakukan itu benar, bukan disengaja. Fokusku hanya membawa AS Roma ke tangga juara“.

Tott

About regarcantona

Saya hanya seorang pecinta sepakbola... Cita-cita saya dulunya menjadi pemain profesional, namun kendala dari segi stamina dan skill yang tidak berkembang, saya memutuskan untuk berhenti mengejar cita-cita itu. Namun bukan berarti saya meninggalkan hobby saya ini begitu saja. Sampai sekarang saya masih sering bermain meski hanya sebatas olahraga ringan saja.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s