Pemain Indonesia tak selamanya harus bermain di Liga sendiri. Ternyata setelah dipantau, ada beberapa pemain nasional kita yang pernah mencicipi liga di luar negeri. Berikut beberapa nama yang berhasil dihimpun oleh football mania

 

1. Bambang Pamungkas

Lahir di Salatiga, Jawa Barat, 10 Juni 1980, merupakan pemain timnas utama Indonesia. Bambang memulai karier Sepakbola pertama sekali tahun 1999 ketika memperkuat Persija. kemudian tahun 2000, Bambang sempat diberitakan bergabung dengan klub divisi 3 Belanda, EHC Norad, namun karena merasa tidak betah, Bambang dipulangkan lagi. Bambang kembali memperkuat Persija hingga tahun 2004 ketika kontraknya habis. di tahun itu juga, Bambang pindah ke klub Malaysia, Selangor FC bersama Elly Eiboy. Hanya semusim dan menjadi topskor liga, Bambang kembali ke klub Persija hingga sekarang.

bambang(selangor fc)

2. Kurniawan Dwi Yulianto

Lahir di Magelang, Jawa Tengah 13 Juli 1976. Kurniawan’Si Kurus” dianggap sebagai salah satu pemain terbaik Indonesia. di awal kariernya dia bermain di tim remaja Sampdoria Primavera. kemudian dia hijrah ke Liga Swiss bersama klub FC Luzern. setelah semusim membela tim ini, Kurniawan pulang ke Indonesia. DI tanah air dia banyak berpindah-pindah klub. terakhir, dia bermain di Persela Lamongan.

Kurniawan(ketika memperkuat Sampdoria Primavera)

3. Rochi Putiray

Lahir di Ambon, Maluku 26 Juni 1970. Rochi merupakan salah satu Striker tertajam milik Indonesia. Cara  mengenali Rochi sangat gampang, karena penampilannya nyentrik, seperti sepatu yang beda warna antara kanan dan kirinya, serta warna rambutnya yang merah menyala.

Putty

Awal kariernya, Rochi bermain di klub Arseto Solo. Pada tahun 2000, dia sempat bermain di Hongkong bersama klub Instant-dic.fc, kemudian balik ke PSM Makassar, lalu kembali main di luar negeri bersama South China AA, setelah dua musim, Rochi pindah ke Kichee SC. Di klub ini Rochi sempat membuat kejutan dengan mempermalukan AC Milan ketika bertamu ke Hongkong 2:1. Kedua gol yang dicetak Rochi cukup membuat AC Milan malu. hanya semusim disana, dia balik ke Indonesia dan pensiun di klub PSS Sleman.

Putysesaat sebelum mencetak gol ke gawang Dida…

PUbersama timnas saat menjamu China..

4. Ricky Yacob

Lahir di Medan, Sumatera Utara 12 Maret 1962. Merupakan pemain legendaris Indonesia. Menghabiskan karier di Arseto Solo. Namun awal kariernya bersama PSMS Medan. Pada tahun 1988, Ricky bergabung dengan Klub Jepang, Matshushita FC. Namun dia tidak begitu lama berada disana karena sering duduk dibangku cadangan serta cedera yang terlalu sering. Ricky pun pulang ke Indonesia kemudian bergabung dengan Arseto Solohingga pensiun.

YacobYacobi

5. Kurnia Sandy

Lahir di Semarang 24 Agustus 1975. Sandy merupakan salah satu kiper hebat yang dimiliki Indonesia. Mengawali karire di Peltita Jaya. pada tahun 1996, Sandy bergabung dengan Tim Sampdoria dan menjadi kiper ke-3 Sampdoria di pentas Serie A Italia. Hanya semusim berada Italia, Sandy balik ke Indonesia bergabung kembali ke Pelita Jaya. Saat ini Sandy bermain di Gresik United dan berencana mengakhiri kariernya di Klub tersebut.

Sandy

sandy

Kurnia Sandy berdiri nomor tiga dari kiri.

6. Bima Sakti

Lahir di Balikpapan, Kalimantan Timur 23 Januari 1976. Merupakan hasil produk Sampdoria Primavera seperti halnya Kurnia Sandy,dan Kurniawan. namun Bima tidak begitu istimewa ketika berada di Italia, dia justru menggila setelah pindah ke Pelita Jaya. salah satu golnya di Piala Asia merupakan gol terbaik Piala Asia Sepanjang Masa hingga kini. saat ini Bima masih aktif bermain bersama klub Persema Malang.

BimaBimbim

7. Irfan Bachdim

Lahir di Amsterdam, Belanda 11 Agustus 1988. Bachdim saat ini santer dibicarakan karena sudah lumayan sering bermain di Liga Utama Eredivisie bersama Utrecht pada musim 2008/09. Bachdim sebenarnya dibina oleh klub Ajax Amsterdam sampai remaja. kemudian dia hijrah ke Utrecht demi mendapatkan kesempatan bermain yang lebih banyak. Sebenarnya, sebelum bergabung dengan Utrecht, Bachdim sempat mengikuti seleksi masuk menjadi pemain Persib, namun karena permainannya dianggap biasa saja, Bachdim kembali bertolak ke Belanda untuk bergabung dengan Utrecht. Pada bulan Juli 2009, Bachdim mendapatkan cedera serius. Setelah sembuh, Bachdim sulit mendapatkan tempat di tim lagi. akhirnya dia di lempar ke klub HFC.Haarlem.

BachdimBachdim

Bachdim lebih memilih menjadi pemain nasional Indonesia dibanding Belanda. meskipun dari lahir hingga menjadi pemain Belanda, namun karena alasan kesempatan bermain serta “ngakunya orang Indonesia, akhirnya Indonesia lah Tim yang kini dibelanya. Saat ini Bachdim bermain di Persema Malang.

Ba

8. Elie Aiboy

Lahir di Jayapura, Papua 20 April 1979. Aiboy memulai kariernya di klub PSB Bogor, sebelum kemudian pindah ke Persipura. Namun nama Aiboy naik ketika pindah ke klub Semen Padang pada tahun 1999. di klub tersebut Aiboy mulai diperhitungkan sebagai gelandang serang yang berbahaya.

Eliebersama di Selangor FC

Pada tahun 2005, bersama Bambang Pamungkas, Aiboy pindah ke Selangor FC. di klub ini dia sukse mempersembahkan treble winner bagi klub Malaysia itu. Cukup semusim, Aiboy pindah ke Arema Malang. Kemudian balik lagi ke Selangor FC. namun kali ini tidak sesukses sebelumnya. Aiboy pun pindah lagi, kali ini ke PSMS Medan. Saat ini Aiboy kembali ke klub yang membuat namanya berkibar Semen Padang.

9. Ponaryo Astaman

Lahir di Balikpapan, Kalimantan Timur 25 September 1979. mengawali karier sepakbola bersama PKT Bontang. Namanya kian melejit setalah pindah ke PSM Makassar. Di klub ini berkat penampilannya yang gemilang, Ponaryo dipanggil Timnas dan kemudian dinobatkan sebagai kapten timnas oleh pelatih Ivan Kolev. Akibat permainan gemilangnya bersama PSM dan Timnas, klub Malaysia, Malaka Telekom tertarik merekrutnya. Namun di klub ini penampilan “Yoyo” begitu panggilannya, tidak secemerlang ketika berada di PSM. Cukup semusim kemudian Ponaryo pindah ke Jakarta untuk membela Persija. Saat ini Poaryo bermain di klub Sriwijaya FC.

Ponar

10. Budi Sudarsono

Lahir di Kediri, Jawa Timur 19 September 1979. Budi mengawali karier sepakbolanya bersama klub Persebaya Surabaya. Kemudian secara berturut-turut dia pindah ke Persija dan Deltras, Namun namanya meroket ketika bergabung dengan Persik Kediri. Budi sempat bermain di Liga Malaysia bersama Polis Diraja Malaysia. Cukup 4 bulan bermain di sana, dia kembali ke Persik. Saat ini Budi bermain dengan klub Sriwijaya FC.

Buds

 

 

Sebenarnya kalau dibanding-bandingkan antara pemain kita dengan pemain lainnya tidaklha jauh berbeda. Pemain kita terkenal cepat dan lincah. namun kelemahannya yaitu fokus pertandingan tidak total 90 menit. Semoga nantinya ada pemain kita yang sukses menembus tim inti di Liga elit seperti Liga Inggris, Spanyol ataupun Italia..Amin!!!!! sukses terus Sepakbola Indonesia!!!

About regarcantona

Saya hanya seorang pecinta sepakbola... Cita-cita saya dulunya menjadi pemain profesional, namun kendala dari segi stamina dan skill yang tidak berkembang, saya memutuskan untuk berhenti mengejar cita-cita itu. Namun bukan berarti saya meninggalkan hobby saya ini begitu saja. Sampai sekarang saya masih sering bermain meski hanya sebatas olahraga ringan saja.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s